Pages

Senin, 21 Maret 2016

Sekilas Tentang Empunya Blog

Well, well, well, ternyata udah tiga tahun aja nih. Rasanya baru kemarin lusa gue minta bantu teman gue untuk ngebuatin ini blog. Biasa, guenya mah gaptek. Kagak ngerti barang ginian. Ini mau nge-post tulisan aja belajarnya ampun gilak. 

Tolong deskripsikan diri Anda, Mbak. Bukan blognya. 

Eh, maap-maap. Apa tadi? Deskripsi? Aduh, jangan ngomong berat donk, Mas. 

Deskripsi, Mbak, deksripsi. Bukan skripsi.

Oh ealllaaah, maap, maap. Deskripsiin diri gue? Hmm gue mau mulai dari mana yak. Bingung. Mending mas mulai aja wawancaranya biar gue jawab. Gimana kalau kita mulai dengan nama aja kali ya. Nama gue Helka. Lengkapnya Helka Pratiwi. Bekennya Hekal.  

Lho, kok?
 
Jangan heran. Sebutin nama gue, maka loe bakal ngira itu cowok. Soalnya orang-orang pada dengernya Hekal sih, bukan Helka. Gue malah sering dikira cowok, sebelum pada akhirnya orang-orang ber-ooo ria ketika ngeliat pemilik nama Helka ternyata cewek.  Malah ada nih temen gue mau pamitan sama Bapaknya, katanya mau main ke rumah Helka. Lha, si Bapak refleks nanya, ngapain kamu ke rumah cowok. Temen gue yang cewek ini dipaksa meluruskan nama gue sampai izin untuk main ke rumah gue pun dikantongi. Adeeeuh kasian juga temen gue kalau dipikir-pikir. Perjuangan main ke rumah aja ampek segitunya.

Waduh, iya juga ya, Mbak. Awalnya juga saya kirain bakal ngewawancarain seorang laki-laki. Tapi pas dikasih tau si bos, lengkapnya Helka Pratiwi, saya jadi ragu-ragu. Meski saya yakin ini pasti nama perempuan, ee ternyata bener. 

Biasa. Gue mah udah biasa digituin. Malah teman di kampus awalnya susah banget nyebutin Helka. Nasib gue deh dipanggil Hekal mulu. Tapi seru sih, kedengarannya lucu. 

Ah, Mbak bisa aja. Oia Mbak, keseharian Mbak gimana?          

Hmm akhir-akhir ini gue masih terus bergelut dengan skripsi gue yang belum kelar-kelar. Selebihnya ya jumpa fans, eh maksudnya wartawan seperti mas ini. Eh gak ding. Sejujurnya, gue senang membaca dan menulis. Jadi jika ada luang waktu, kalau gak menulis ya membaca. Udah macam kebutuhan gitu deh, Mas. Karena basicly, twenty nine my age yeah, gue kuliah di kampus keguruan, ya gue nyambi kerja juga di bimbel. Kalau ada kemudahan rezeki, gue sering kebagian tawaran privat ke rumah-rumah. Malahan ke sekolah ada juga, tapi yang ini sifatnya berkala. Biasanya menjelang UN tawaran ini meledak. Ceileh, bahasanya meledak. 

Apa itu memang cita-cita Mbak untuk jadi seorang guru?

Ah, Mas bisa aja becandanya. 

Lalu? Bukankah Mbak kuliah di keguruan, dan basicly tadi juga seneng ngajar. 

Hmm iya benar gue kuliahnya di keguruan. Sejujurnya cita-cita gue boleh jadi apa aja yang keren-keren. Tapi, jadi guru gue gak pernah kepikiran sama sekali sejak gue ingusan sampek berjerawat gini. Kecil aja gue trauma ngeliat guru TK dan SD gue ampun-ampunan mendidik kami. So, jadi guru langsung di-blacklist. Satu-satunya jawaban yang bisa gue jawab kenapa gue malah kuliah di keguruan, ya mungkin takdir kali, Mas. Semoga rezekinya berkah disini. Tapi sejak SD gue udah tergila-gila sama Matematika. Alasan gue senang dengan ini pelajaran karena Ayah gue. Meski tamatan SMA, gue ngerti Matematika dari Ayah lebih dari yang gue dapat dari sekolahan. Malahan kita sering berlomba iseng ngitungin puluhan kali puluhan tanpa kertas apalagi alat tulis. Awalnya gue sering kalah cepat, tapi belakangan gue menang terus. Entah Ayah yang mengalah. Wallahu ‘alam. Tapi sejak diajak adu siapa cepat berhitung, gue jadi terbiasa menjumlah, mengurang, mengali, apalagi membagi tanpa menggunakan kalkulator. Menggunakan kalkulator sama dengan haram hukumnya. Jadi, kalau pun gue gunain kalkulator, tak lebih saat keperluan trigonometri untuk sudut-sudut tak indah alias tak istimewa. Tapi seneng Matematika aja gak cukup untuk bikin gue serius bercita-cita menjadi guru. 

Wah, saya gak menyangka Mbak menyukai pelajaran yang bagi banyak anak-anak dianggap horor. Ternyata ada sosok Ayah yang gemar berhitung dibalik layar. Apakah ada suatu pencapaian yang Mbak dapat dari kesenangan Mbak bersama Matematika?

Alhamdulillah, Mas. Sejak SD sampai SMA gue terpilih mewakili sekolahan untuk mengikuti ajang Olimpiade Matematika. Paling banter sih cuma sampai tingkat provinsi. Karena target gue cuma agar jawara di kabupaten Bireuen, tempat gue mengenyam pendidikan dasar dan menengah. Paling nggak, gue gak kalah di kandang sendiri. Kalau ditanya prestasi lain mah gue gak punya. Hehehe adanya cuma ini. Di luar itu ya sama aja. Lomba berhitung cepat. Karena lomba-lomba lainnya gue kurang tertarik dan kurang kompeten di bidangnya. Gue duluan kalah sebelum bertanding. Hehehe

Wah, luar biasa, Mbak. Saya sendiri paling anti sama yang namanya itung-itungan. Ribet. Makanya nilai Matematika saya cuma cukup sampai makan siang aja, gak nyampek sampai makan malam. Apalagi pencuci mulut, boro-boro. Jadi, mbak pernah bercita-cita buat jadi apa aja dulunya?

Sejak kecil, gue suka pantengin siaran berita TVRI, sebab di rumah gue waktu itu cuma adanya siaran itu. Sebenarnya sih yang nonton berita itu ayah gue, gue mah ogah. Boro-boro ngerti, mending gue main kejar-kejaran, main kelereng, atau kalau gak main sepedaan, main apa aja deh sama temen gue. Otak gue adanya cuma main. Cuma ya sekali waktu gue ikut terpaksa juga pantengin layar kotak itu, saat-saat makan siang atau makan malam. Padahal gue juga kagak ngerti orang di dalam TV itu bicara apa. Satu hal yang gue ngerti, gue pengen masuk TV. Gue pengen jadi news anchor seperti di TV-TV itu. Nah, keinginan ini kian melangit menjelang kelas 4 SD lah ya. Seingat gue dalam buku Bahasa Indonesia, gue nemu artikel tentang Arief Suditomo. Artikel itu berkisah tentang perjalanan Arief menjadi seorang reporter, jurnalis, hingga pembawa berita yang berawal dari hanya iseng-iseng memasukkan lamaran untuk sebuah lowongan wartawan di sebuah koran nasional yang justru menghantarkan ia untuk mencintai dunia jurnalistik. Gue baru tau beliau ini sering bawain berita di beberapa stasiun pertelevisian ternama tanah air. Sejak saat itu, gue baru rajin nonton berita demi ngeliat dia, bukan beritanya. Hehehe... tapi mau gak mau, gue pernah bercita-cita kesana. Menjadi reporter, pembawa berita, ataupun jurnalis gitu. Menurut gue sih itu keren. Karena gue juga suka nulis. Nah, mungkin sekali waktu kita bisa adu ketajaman tulisan deh, Mas. Berani?

Eh... Hmmm... Apanya, Mbak?

Gak mas, gue becanda kali. Iya, gue emang suka nulis. Tapi ya nulis aja. Apa yang gue suka. Tanpa ada aturan harus begini begitu. Rasanya plong aja gitu, meski ada beberapa teman yang nyaranin buat diseriusin, eh tapi guenya masih belum siap. Karena sejauh ini, nulis ya sekadar hobi dan mengisi waktu luang. Belum serius-serius amat untuk nyari duit apalagi profesi. Belum kepikiran kesana sih, Mas, saat itu. Tapi melihat prospek ke depan untuk menulis lumayan menjanjikan, gue pernah kepikiran untuk ngejadiin menulis gak sekadar hobi, tapi juga untuk mendulang pundi. Wah, Mas mesti hati-hati sebelum kursinya gue lengser. 

Eh, oh. Hmmmm...

Hehehehe nyantai kali, Mas. Gue gak seserius itu kok. Susah ya jadi introvert. Guenya becanda, eh malah disangka serius. Giliran serius, orang-orang pada ngacir. Kadang gue suka bingung juga ya, Mas. Kadang gue introvert di kalangan baru. Tapi bisa jadi ektrovert banget di kalangan introvert. Nasib.. nasib.. wah, gue malah curhat,, hehe lanjut, Mas, ada lagi?

Ah, elu mah aktingnya kebangetan. 

Jiah, entar dulu. Kok udah nyerah aja. Lagi donk main wawancara-wawancaranya.  

Gak ah, udahan ya. Capek mainnya. 

Yah, elu mah, gak bisa liat gue senang bentaran aja. Lagi napa?

Ogaaah!!! Main noh sendiri.

Masak gue ngewawancara diri sendiri. Gile lu ndro.



0 komentar:

Posting Komentar